NIAT BERPUASA

Niat untuk puasa harus dilakukan pada malam hari; waktu malam dimulai dari terbenamnya matahari (masuk waktu shalat maghrib) dan berakhir dengan terbitnya fajar (masuk waktu shalat subuh).
“Waktu niat dimulai dari matahari terbenam hingga terbitnya fajar.”

Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

مَن لَمْ يُبَيِّتِ الصِّيَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

“Barang siapa yang belum berniat puasa di malam hari, maka puasanya tidak teranggap.”
(SHAHIH (Al-Irwa’, 914) H.R. Abu Dawud (2454), at-Tirmidzi (730), an-Nasa’i (2334) dan riwayat ini lafazh beliau, Ibnu Majah (1700))

🗒️ CARA BERNIAT

Niat dilakukan oleh hati.

Imam Nawawi rahimahullah berkata,

لَا يَصِحُّ الصَّوْمُ إِلَّا بِالنِّيَّةِ، وَمَحَلُّهَا الْقَلْبُ. وَلَا يُشْتَرَطُ النُّطْقُ بِلَا خِلَافٍ

“Tidak sah puasa kecuali dengan niat. Tempat niat di dalam hati, tidak dipersyaratkan untuk dilafazhkan, tanpa ada khilaf (perselisihan) dalam masalah ini.”
(Raudhah ath-Thalibin, 2/350)

🗒️ PERLUKAH MELAFAZHKAN NIAT❓

“Sebelum ber-takbiratul ihram Nabi Muhammad ﷺ tidak membaca apa pun; beliau juga tidak melafazhkan niat, baik sebelum bersuci, sebelum shalat, sebelum berpuasa, sebelum berhaji, maupun ibadah-ibadah lain. Para Khulafa’ur Rasyidin juga demikian. Nabi Muhammad pun tidak pernah memerintahkan kepada seorang pun untuk melafazhkan niat…

Seandainya melafazhkan niat adalah hal yang dianjurkan, maka tentunya sudah dilakukan oleh Nabi ﷺ dan pasti akan diketahui oleh umat Islam.”

Dan bila kita melihat kembali tentang pembahasan tata cara berniat di atas, kita akan tahu bahwa NIAT DALAM HATI SUDAH MENCUKUPI. Jangan sampai muncul anggapan bila tidak dilafazhkan maka itu salah.

Al-Faqih Abu Bakr ad-Dimyathi asy-Syafi’i rahimahullah menyatakan,

أن النية في القلب لا باللفظ، فتكلف اللفظ أمر لا يحتاج إليه

“Sesungguhnya niat terletak di hati, bukan pada lafazh. Memaksakan diri untuk mengucapkan niat termasuk perbuatan yang tidak perlu dilakukan.”
(I’anah ath-Thalibin, 1/90)

wallahu’alam

Post Author: @Inshafuddin Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *