Pentingnya Pendidikan Anak

Nabi bersabda:”Diadakan Aqiqah untuk bayi pada hari ketujuh dari kelahirannya dan diberi nama serta dibersihkan. Apabila mencapai usia 6 tahun ia dididik, bila mencapai usia 9 tahun dipisahkan tempat tidurnya.

Nabi SAW bersabda :

ما نحب والد ولديه افضل من ادب حسن

“Tidaklah seorang ayah memberi anaknya sesuatu yang lebih baik daripada pendidikan yang baik (adab).”

Diriwayatkan dari Abi Dzar, ia berkata: Aku duduk bersama nabi SAW. Tiba-tiba Hasan dan Husein pundak kakek mereka Rasulullah SAW, di saat beliau menyampaikan hadits kepada kami.

Setelah selesai menyampaikan hadits, beliau berkata kepada kedua anak itu: Turunlah wahai anak-anakku. Kemudian datang sayyidina Ali.

Ketika melihat ayah mereka, kedua anak itu takut kepadanya dan segera turun dari punggung kakek mereka. Kemudian Ali memukul kedua anak itu seraya berkata: Adab lebih baik bagi kalian berdua.

Maka Nabi berkata: Hai Ali, janganlah membentak Hasan dan Husein, karena keduanya adalah wangi-wangianku dan penenang hatiku serta buah hatiku. Maka Ali menjawab: Aku dengar dan aku taat ya Rasulullah. Kemudian Jibril turun dan berkata : Ya Muhammad, ia berkata benar. Biarkan Ali mendidik mereka. Kenyangkan anak-anakmu, berilah mereka nama-nama yang baik dan perihalah badan mereka, niscaya kalian mendapat syafaat mereka.

Kemudian Nabi Berkata setelah mendengar itu: Hai kaum muslimin, barangsiapa dikaruniai anak oleh Allah, maka hendaklah ia mendidik dan mengajarinya, karena siapa yang mengajari anaknya, maka Allah mengaruniai syafaatnya. Dan siapa membiarkan anaknya bodoh, maka ia bertanggung jawab atas setiap dosa yang dikerjakannya. Demikian disebutkan dalam Riyadhus Shalihin.

Post Author: @Inshafuddin Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *