Tokoh Tokoh Islam Penjelajah Dunia – 2

Ahmad Ibn Majid

Image credit: Public domain / Wikipedia

Ahmad Ibn Majid adalah seorang navigator dan penyair Arab yang mendampingi penjelajah Portugis Vasco da Gama mengarungi lautan. Lahir dari keluarga pelaut, Ahmad Ibn Majid sudah bisa menjalankan kapal di usia 17 tahun. Ia juga terkenal sebagai pelaut Arab pertama yang mengelilingi dunia.

Ahmad Ibn Majid menulis lebih dari 40 puisi dan prosa tentang menaklukkan lautan. Ia juga mendapat julukan “The Lion of the Sea”. Bukunya yang terkenal adalah Kitab al Fawa’id fi usul ‘Ilm al-Bahr wa ‘l-Qawa’id yang berisi tentang informasi dan prinsip-prinsip navigasi.

Buku ini banyak dijadikan referensi olah pelaut-pelaut Arab karena mengandung informasi lengkap tentang petunjuk navigasi dengan melihat langit, pola cuaca, dan area-area berbahaya untuk dilewati kapal.

Sa’ad bin Abi Waqqas (RA)

Masjid Huaisheng di Guangzhou, Tiongkok. Image credit: Urban Napflin / Shutterstock.com

Sa’ad Ibn Abi Waqqas (RA) adalah sahabat Nabi Muhammad SAW dan termasuk golongan pertama yang masuk Islam. Ia juga merupakan pemimpin perang-perang besar dalam sejarah Islam, seperti Badar dan Uhud. Meski demikian, ia tetap rendah hati, jujur, dan tulus dalam berperilaku.

Delapan belas tahun setelah Nabi Muhammad SAW meninggal dunia,Sa’ad Ibn Abi Waqqas (RA) dikirim ke Tiongkok dan bertemu Kaisar Tung (Yung-Wei). Menurut catatan sejarah, Masjid Huaisheng yang cantik di Guangzhou adalah masjid pertama di Tiongkok yang dibangun oleh Sa’ad Ibn Abi Waqqas (RA).

Ia meninggal dunia di perjalanan dan dimakamkan di Guangzhou, Tiongkok. Namun ada juga yang berpendapat bahwa Sa’ad ibn Abi Waqqas meninggal dunia di Aqiq, sekitar 18 mil dari Madinah.

Post Author: @Inshafuddin Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *