Tokoh Tokoh Islam Penjelajah Dunia – 1

Ibn Battuta

Ibn Battuta, penjelajah Maroko, di Mesir. Ilustrasi oleh Leon Benett dari buku Jules Verne 1878.

Lahir di Tangier, Maroko pada tahun 1304, Abu Abdulla Muhammad atau yang lebih dikenal sebagai Ibn Battuta adalah pejalan Muslim paling terkenal seantero dunia. Ibn Battuta memulai perjalanannya mengeliling dunia di usia 20 tahun.

Selama 30 tahun berkelana, ia mengunjungi Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Tiongkok. Total negara yang telah ia kunjungi berjumlah 44 negara dengan total jarak 75.000 mil atau sekitar 3 kali keliling dunia. Tidak lupa dengan kewajibannya sebagai umat Islam, ia juga melakukan perjalanan Haji sebanyak 4 kali.

Ibn Battuta baru pulang ke Maroko saat berusia 51 tahun. Motivasi Ibn Battuta untuk mengelilingi dunia adalah untuk menambah pengetahuan serta mencari guru dan perpustakaan terbaik yang kala itu berada di Alexandria, Kairo, dan Damascus.

Karima Bint Ahmad al-Marwaziyya

Perpustakaan Nasional Turkmenistan. Image credit: AlexelA / Shutterstock.com

Tidak hanya laki-laki yang menjadi penjelajah di masa lampau. Perempuan juga! Salah satu tokoh Islam perempuan yang luar biasa adalah Karima al-Marwaziyya, seorang pejalan, ahli hadis dan pelajar brilian dari Turkmenistan.

Ketekunannya mencari ilmu membawa Karima al-Marwaziyya bepergian jauh. Ia pergi bersama ayahnya melewati daratan dan lautan dari Turkmenistan ke Iran dan Yerusalem, sampai akhirnya menetap di Mekah. Di sana, ia mempelajari Sahih al-Bukhari dan menjadi salah satu orang terpelajar yang paling dihormati pada masanya.

Enam penjelajah muslim di atas telah berkeliling dunia dan menempuh berbagai kesulitan untuk mencari ilmu pengetahuan. Perjalanan mereka yang panjang dan tidak selalu berlangsung mulus membuat mereka semakin taat kepada Allah.

Tempat-tempat baru yang mereka datangi juga membuka mata dan hati untuk selalu rendah hati dan berpikiran terbuka. Semoga cerita mereka dapat menginspirasi kamu untuk selalu menuntut ilmu dan bertakwa kepada Allah SWT, ya.

Post Author: @Inshafuddin Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *