Orang Orang yang Merdeka !

keepo.me

Oleh; Syukri Isa Bluka Teubai

Ketika aku memilih judul dan ingin menuliskan tentang mereka (orang-orang yang merdeka), aku sedikit merasa takut. Bukan kerana nanti akan diburu oleh pihak keamanan dan atau apalah itu namanya, bukan aku takut pada mereka.

Nakeuh, kerana aku tidak pun berurusan dengan keamanan atawa sebagai pengacau keamanan negara.

Aku takut menulis ini, aku takut orang orang akan menganggapku juga sama seperti mereka nantinya (orang orang merdeka) yang kumaksud itu. Tapi aku memberanikan diri, maka keputusanpun sudah kuambil, setelah kupikir matang matang sebelum menulisnya.

Maka adalah tulisan yang berjudul orang orang merdeka ini untuk kalian semua.

Ingat, aku tidak mahu disebut sebagai orang orang merdeka yang kumaksud di sini, aku bukan dari kalangan mereka. Kalian, terserah, kuserahkan semua keputusan kepada pribadi masing masing, mahu dan tidaknya dikategorikan kepada mereka yang kusebut tersebut, keputusan itu ada pada dirimu.

Mereka; orang orang yang merdeka, selalu ada di setiap tempat bahkan aku yakin dibelahan dunia mana sahaja, mereka tetap ada, selalu akan ada. Orang orang yang tidak waras (stress) adalah maksud dan tujuanku menulis ini, aku ingin menulis dan mengupas sedikit tentang kehidupan mereka. Ini dari sudut pandangku, dari apa yang aku tahu dan kulihat, tidak dari ilmu ini dan itu, bukan.

Kutakan mereka orang orang yang merdeka, kerana hidupnya itu sangat enak, tidak harus berpikir untuk ini dan itu, bahkan untuk masalah sekecil apapun itu, mereka tidak peduli. Kepada apa sahaja yang ada di dunia ini mereka tidak peduli, kecuali satu iaitu; makan. Kulihat mereka masih peduli terhadap makanan.

Entah, apa dan bagaimana rasanya setiap sesuatu (makanan) yang diambil dari tempat tempat sampah atawa di mana sahaja dijumpai tak kala mereka memakannya. Yang namun mereka masih membutuhkan makan, hanya satu yang itu pengecualiannya. Ketika mereka membutuhkan makanan maka bagus tidaknya makanan tersebut, kita tidak tahu dari segi apa mereka menilai itu.

Mereka jarang sekali sakit, bahkan hampir tidak berpenyakit walaupun makanannya diambil dari tempat tempat yang tidak terjamin akan kebersihannya. Tubuhnya selalu bugar, buktinya, hari ini kita berada di satu tempat; kita melihat seorang yang tidak waras dan besoknya kita berada di tempat yang lain, kita pun melihat seorang yang tidak waras, yang dirinya tersebut kemarin baru sahaja kita lihat di tempat di mana kita berada di kesempatan waktu.

Jarak antara satu tempat (di mana kita melihat orang tersebut kemarin) dengan tempat (hari ini kita mendapati orang tersebut juga) itu, kira kira; jika kita berkendara dengan motor dan 60 km/jam kecepatan yang kita pacu untuk mencapai tempat tersebut, tubuh kita merasa lelah. Apalagi kalau jalan kaki, tapi mereka ada di sana di hari di mana kita juga tengah berada di tempat tersebut.

Maka kukatakan tubuh mereka lebih bugar daripada tubuh kita dan sebagainya, sekarang kita kembali lagi kepada judul; ‘orang orang yang merdeka’ aku membayangkan kehidupan mereka, alangkah indahnya hidup yang dijalani oleh mereka mereka itu. tidak harus berpikir ini dan itu, tidak harus berpikir tentang banyak hal yang ada di dunia ini.

Sedangkan kita, bagaimana kehidupan dan harus menghidupi hidup ini dan lain lain, aku tidak memberi lagi contoh. Hah, aku ingin tertawa, maka aku tertawa. Dan apa yang anda pikirkan tentang mereka, benar atawa tidak jika aku berkata bahwa merekalah orang orang yang merdeka, yang hidup enak di dunia ini.

Dan kebalikannya. Anggap sahaja tulisan ini sebagai hiburan bagi semua, terutama aku, aku menulis ini adalah untuk menghibur diriku sendiri, kerana selalu bertanya tanya di dalam hati, kapan aku akan menulis tentang mereka; orang orang yang merdeka. Maka hari ini, cerita mereka sudah kutulis dan berbahagialah aku.

Semoga kalian yang membacanya juga, sadar, bahwa kitalah orang yang punya banyak pikiran, bukan mereka. Maka jangan melihat mereka dengan sebelah mata!

Syukri Isa Bluka Teubai, Penyuka Sastra. 

Post Author: @Inshafuddin Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *